Bak Air Habitat Ikan
+ Posted by Sabtu, 16 April 2022 | 03:20 WIB Comments (0)dilihat (2429)


KOLAM IKAN SMA NEGERI 1 WELERI

Kolam adalah kubangan berisi air buatan maupun alami yang luasnya lebih kecil atau terbatas tidak lebih luas dari danau. Kolam ikan adalah tempat yang dibuat dengan cakupan yang terbatas berisi air yang digunakan untuk budidaya ikan. Kolam sengaja dibuat untuk memelihara ikan yang jenisnya bervariasi, tergantung luas lahan ukurannya mulai dari kecil sampai dengan besar dari hanya satu kolam  sampai satu unit perkolaman.

Kolam ikan merupakan sarana pendukung Adiwiyata di sekolah SMA Negeri 1 Weleri. Air yang ada pada kolam ikan tersebut bersumber dari air yang dialirkan dari sumur bor. Kolam ikan yang ada di SMA Negeri 1 Weleri berjumlah 4 dengan ukuran dan letak kolam yang berbeda-beda pada setiap kolamnya. Perawatan yang dilakukan untuk kolam ikan ini adalah dengan cara dikuras setiap air yang ada pada kolam ikan sudah keruh atau kotor. Hal ini dilakukan untuk tetap menjaga kebersihan kolam ikan.

Kolam difungsikan sebagai habitat buatan yang segaja diciptakan agar ikan dapat hidup dan berkembangbiak dengan baik.  Dilansir dari Clearwater Creations, salah satu manfaat memiliki kolam ikan adalah menyediakan habitat untuk berbagai makhluk hidup. Seperti namanya, kolam ikan utamanya berfungsi sebagai habitat ikan. Namun, keberadaan kolam ikan juga dapat menjadi habitat bagi makhluk hidup lain, seperti capung, kodok, burung, hingga tanaman-tanaman di sekelilingnya.

Kolam ikan digunakan untuk membudidayakan ikan yang nantinya akan berkembang biak. Dalam kolam ikan ini akan terjadi proses yang menyebabkan ikan yang tinggal di dalamnya akan bertelur dan berkembangbiak lebih banyak. Selain itu, di dalam kolam ikan ini juga akan terjadi suatu ekosistem karena di dalamnya bukan hanya ikan yang tinggal tapi juga makhluk hidup lain seperti capung atau katak. Air yang ada pada kolam ikan berasal dari air sumur bor. Air pada sumur bor tersebut merupakan hasil dari pemanfaatan air tanah. 

Dalam menjaga kolam ikan ini agar tetap berfungsi dengan baik dan juga terjaga kebersihannya adalah dengan rutin menguras kolam tersebut. Pengurasan kolam ini berfungsi agar air pada kolam keruh bisa diganti dengan air yang lebih bersih. Kebersihan sekitar kolam juga perlu diperhatikan seperti, sampah-sampah atau dedaunan kering yang ada kolam diambil. Pada kolam kadang juga ada banyak lumut yang menempel sehingga ini juga perlu dibersihkan agar tidak menjadi berlebihan.

Komentar (0)


Komentar