Sepetak Tanah Penuh Manfaat
+ Posted by Sabtu, 16 April 2022 | 03:15 WIB Comments (0)dilihat (874)

KEBUN SEKOLAH SMA NEGERI 1 WELERI

Kebun adalah sebidang lahan disekolah dengan tempat terbuka, yang biasanya ditumbuhi berbagai tanaman seperti tanaman obat-obatan, beberapa jenis bunga, tanaman hias, dan lain sebagainya. Sementara itu, menurut KBBI kebun merupakan sebidang tanah yang ditanami pohon musiman (buah-buahan dan sebagainya). Jadi kebun sekolah adalah sebidang tanah terbuka yang digunakan untuk menanam berbagai tanaman seperti tanaman obat-obatan, beberapa jenis bunga, tanaman hias, dan lain sebagainya.

Kebun sekolah merupakan salah satu sarana pendukung sekolah adiwiyata. Kebun sekolah sangat berperan penting bagi kelestarian air tanah. SMA Negeri 1 Weleri memanfaatkan kebun sekolah sebagai tempat penanaman tumbuhan apotik hidup. Selain itu, ada juga berbagai tanaman lain yang ditanam di kebun sekolah SMA Negeri 1 Weleri, contohnya kangkung dan sawi. SMA Negeri 1 Weleri memiliki kebun sekolah yang cukup luas dengan dikelompokkan berdasarkan jenis tanamannya.

Kebun sekolah SMA Negeri 1 Weleri memiliki peranan yang sangat penting. Kebun sekolah berfungsi sebagai sebuah metode belajar mengajar yang inovatif dan cukup efektif, karena belajar di ruangan terbuka mampu meningkatkan fokus siswa dalam belajar. Selain itu kebun sekolah juga berguna sebagai sumber resapan air, sumber oksigen, serta dapat menjaga kelestarian sumber daya alam

Kebun sekolah adalah lahan yang ditanami berbagai macam tumbuhan. Dengan ditanami berbagai tumbuhan, tentunya akan memberikan kehidupan bagi biota tanah, sehingga ekosistem tanah menjadi terjaga. Ketika hujan turun, tanah akan mengalami peningkatan pada penyerapan air. Hal tersebut dikarenakan banyaknya tanaman yang ditanam, sehingga sumber resapan air pun juga meningkat.  

Dalam menjaga kebun sekolah agar tetap terjaga dan lestari, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Beberapa hal tersebut antara lain, memberikan perawatan secara teratur seperti menyirami tanaman setiap hari,mencabuti tanaman hama, melakukan pemangkasan rumput, menyingkirkan tanaman yang sudah mati. Selain itu, agar kebun sekolah tetap terjaga kebersihannya, perlu adanya kesadaran siswa untuk tidak mebuang sampah di area sekitar kebun sekolah. 

Komentar (0)


Komentar